Jumat, 10 Desember 2010

CARA KERJA VGA DAN SOUNCARD BESERTA IDENTIFIKASI NYA

#Identifikasi VGA Dan Cara Kerjanya
 
Video graphic Adapter (VGA) adalah perangkat Output yang bertugas untuk mengolah data menjadi tampilan grafis atau teks di layar monitor. VGA berfungsi menghubungkan sistem komputer dengan monitor komputer.

Komponen-Komponen VGA Card :

1. GPU (Graphic Processing Unit)Merupakan prosesor dari sebuah video card, dan berfungsi untuk pengolahan data gambar yang akan ditampilkan di layar monitor.

2. Video Memory
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum dan sesudah pemrosesan data pada GPU.

3. RAMDAC (Random Access Memory Digital – Analog Converter)
Berfungsi mengubah gambar digital menjadi sinyal analog agar bisa digunakan oleh monitor.

4. Bus Interface
Berfungsi menghubungkan motherboard dengan kartu grafis. Biasanya, bus interface ini tipe AGP dan PCI-Express.

5. Display Interface
Berfungsi menghubungkan kartu grafis dengan monitor. Umumnya terdapat 3 port display,yakni DVI, VGA, TV-Out

6. Heatsink dan Fan
Berfungsi sebagai pendingin kartu grafis


Cara Kerja VGA

VGA card membutuhkan aplikasi pendukung yaitu driver. Driver ini berfungsi sebagai perantara sistem operasi dan kartu grafis.Saat aplikasi yang dijalankan ingin menciptakan sebuah citra, aplikasi tersebut akan meminta bantuan pada driver kartu grafis. Driver grafis akan mendengarkan instruksi, baik dari OS atau dari aplikasi, kemudian mengambil data digital yang diperlukan dan mengkonversikannya menjadi sebuah format yang dimengerti oleh kartu grafis tersebut.Setelah itu, driver menyalurkan data digital yang baru diformat tersebut kepada kartu grafis untuk melakukan rendering. Data tersebut berjalan menuju kartu VGA melalui slot pada motherboard (AGP/PCI-E).

Setelah disalurkan ke kartu grafis, data akan dikirimkan ke memori kartu grafis sebagai tempat penyimpanan sementara. Kemudian GPU akan mengambil data digital tersebut lalu mengubahnya menjadi pixel. Pada titik ini, pixel belum siap untuk ditampilkan ke layar. Pixel tersebut akan dikirim kembali ke Video RAM untuk disimpan. VRAM terhubung langsung pada digital-to-analog converter(DAC). Converter ini juga biasa disebut RAMDAC yang bertugas menterjemahkan image ke signal analog agar bisa digunakan oleh monitor. Selanjutnya, RAMDAC mengirimkan gambar final kepada monitor melalui kabel.


# Identifikas Sound Card Dan Cara kerjanya

Sound Card atau Kartu suara adalah suatu perangkat keras computer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.
Dilihat dari cara pasangnya sound card dibagi 3 :

· Sound Card Onboard,artinya
  Sound Card yang menempel langsung pada motherboard computer.


· Sound Card Offboard,artinya
  Sound Card yang dipasang di slot ISA/PCI pada motherboard.


· Sound Card External,artinya
  Sound Card yang disambungkan ke computer melalui port eksternal,seperti USB atau  
  FireWire.

Cara Kerja Sound Card

Ketika Kita mendengar suara dari sound card ,data digital suara yang berupa .wav atau mp3 dikirim ke sound card.Data digital ini di proses oleh DSP(Digital Signal Processing),yaitu pengolah signal digital yang bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter,Konversi digital ke analog) Dan mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog yang kemudian diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Ketika kita merekam suara lewat microphone,suara kita yang berupa analog diolah oleh DSP dalam mode ADC(Analog Digital Converter,Konversi analog ke digital).Kemudian mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan .Sinyal digital ini disimpan dalam format waveform table/Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar